Selasa, 06 November 2012

Netiquette



Sepertinya dunia maya sudah menjadi santapan rutin bagi banyak orang, terutama mahasiswa. Banyak hal yang dilakukan ketika menjelajahi internet. Sebut saja, mencari bahan untuk tugas kuliah, berdiskusi dengan teman, menulis status di Facebook atau Twitter, atau sekedar mencari informasi yang menyenangkan.
Tahukah kamu bahwa di dunia internet ini juga dikenal etika dalam berinternet? Ya, nettiquette merupakan gabungan kata network dan etiquette, ini merupakan kode sosial pada komunikasi jaringan. Netiquette merupakan etika dalam menggunakan internet. Internet bisa dikatakan sebagai sebuah komunitas. Komunitas yang memerlukan aturan yang dijadikan acuan bagi para pengguna internet. Netiquette juga bisa diartikan sebagai kode sosial dan moral dalam berinternet yang didasari oleh kondisi manusia dan Golden Rule of Netiquette. Arti dari netiquette yang lain yaitu filosofi mengenai komunikasi internet efektif yang berisi norma-norma sebagai petunjuk mengenai standar dalam berinternet.
Netiquette ini dapat pula dianggap budaya dalam berinternet. Di dalamnya terdapat data yang kita bagi, kepada siapa, dan bagaimana kita membagi data tersebut. Data-data tersbeut mencakup teks, suara, grafik, dan video. Sebaiknya, kita membagi data-data penting yang kita miliki kepada orang yang memiliki sikap yang baik. Menjauh dari orang yang tidak memiliki etika dalam berinternet itu penting untuk mencegah kita dari kekerasan dalam berinternet
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
1.     Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall.
2.     Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
3.      Hargai pengguna lain di Internet, caranya sederhana yaitu,:
a.      Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b.     Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c.      Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d.     Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e.      Jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
f.       Spell check. Pastikan bahwa kata-kata yang kamu tulis sudah benar dan sudah kamu baca ulang. Karena penulisan yang salah dapat menurunkan kredibilitas dari pesan yang disampaikan.
g.      Jadilah konserfatif dalam email yang kamu kirim dan liberal dalam email yang kamu terima.
h.      Sebaiknya tidak mengirim email di malam hari. Tidak semua orang masih bangun di waktu malam.
i.        Kunjungi situs dengan Transport Layer Security (TSL) dan Secure Socket Layer (SSL).
j.        Bijaksanalah dalam membagi informasi secara online demi kepentingan pribadi dan pekerjaan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar