Minggu, 01 April 2012

Ruang Lingkup IPA

A. Mengenal Alam Semesta
     Apa itu alam semesta? Pengertian alam semesta mencakup tentang mikrokosmos dan makrokosmos. Di     dalam mikrokosmos kita mempelajari benda - benda yang berukuran sangat kecil. Misalnya atom, elektron, sel dan sebagainya. Sedangkan dalam makrokosmos, kita mempelajari benda - benda yang berukuran sangat besar. Seperti bintang, planet, galaksi dan sebagainya.

B. Isi Alam Semesta
     Alam semesta terdiri dari semua materi termasuk tenaga dan radiasi serta segala hal yang telah diketahui dan baru dalam tahap percaya bahwa pasti ada di antariksa. Bumi, bulan, planet - planet dan matahari yang termasuk dalam tata surya hanyalah titik kecil di antara 200 milyar bintang penyusun galaksi Bimasakti. Perhitungan sampai 200 milyar bintang ini merupakan perkiraan untuk sebuah galaksi (yakni galaksi bimasakti) yang mempunyai garis tengah sekitar 100.000 tahun cahaya.

C. Teori Terbentuknya Alam Semesta
     Pendapat tentang terbentuknya alam semesta baru merupakan teori saja. Pada dasarnya ada dua pendapat yang berkaitan dengan hal ini, yaitu :
a.  Teori keadaan tetap (stady state theory)
     Teori ini dikemukakan oleh Fred Hoyle ,Herman Bondi, dan Thomas Gold. Teori ini berdasarkan prinsip kosmologi sempurna yang menyatakan bahwa alam semesta ini dimanapun dan bilamanapun selalu sama. Teori ini ditunjang dengan kenyataan bahwa galaksi baru mempunyai jumlah yang sebanding dengan galaksi lama. Dengan demikian teori ini menyebutkan bahwa tiap-tiap galaksi terbentuk (lahir),tumbuh,tua dan akhirnya mati . Jadi teori ini bahwa alam semesta tidak terhingga besarnya, tuanya dan matinya.
b.  Teori dentuman besar (big bang theory)
     Teori ini berlandaskan asumsi bahwa ada suatu massa yang sangat besar. Karena adanya reaksi inti, kemudian meledak dengan hebat. Massa tersebut kemudian mengembang dengan sangat cepat menjauhi pusat ledakan.

D. Membedakan Anggota Sistem Tata Surya
     Matahari, bintang, planet, satelit, asteroid, komet dan meteor disebut benda langit. Seluruh benda langit merupakan anggota dari tata surya.
     Sebuah benda langit disebut bintang jika memiliki cahaya sendiri. Matahari adalah sebuah bintang yang memiliki sumber cahaya sendiri. Planet adalah benda langit yang tidak memiliki sumber cahaya dan bergerak mengelilingi matahari. Satelit adalah benda langit yang bergerak mengelilingi planet tertentu.

E. Lapisan Lapisan Bumi Beserta Fungsinya
1. Inti bumi (barisfer/sentrofer) : Sebagai pelindung permukaan bumi
2. Kulit bumi (lithosfer) : Sebagai lapisan vital bagi manusia, berupa pulau dan benua.
3. Lapisan air (hidrosfer) : Sebagai penyelimut bumi, meskipun hanya 71 %. Sangat berpengaruh terhadap keadaan atmosfer.
4. Lapisan udara (atmosfer) : Sebagai lapisan yang menyelubungi bumi

F. Teori Terjadinya Bumi
a. Teori Kant Laplace ( hipotesis kabut )
b. Teori Chamberlain dan Maulton
c. Teori Jean dan Jeffreys
d. Teori Alfred Wegener ( Continental Drift )
e. Akibat Pergeseran Pangea :
    1. Pergeseran benua pada hakekatnya adalah pergeseran kerak bumi dan menimbulkan pelipatan bumi
    2. Terbentuknya pulau , benua dan kepulauan seperti nampak sekarang
    3. Pergeseran kerak bumi yang berlawanan arah dapat menimbulkan rift atau cekungan
    4. Pergeseran menyebabkan retakan yang menimbulkan gerakan magma dan berbagai jenis gunung api.

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_alamiah_dasar/bab4-ruang_lingkup_ilmu_pengetahuan_alam.pdf
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar