Kamis, 04 Oktober 2012

INTERNET


Apa itu internet ?

Internet merupakan teknologi yang sedang meroket di kehidupan masa kini. Internet adalah jaringan yang dihubungkan melalui komputer satu dan komputer lainnya, dimana terdapat server yang mengendalikannya. Melalui internet, kita dapat mengakses berbagai hal, berbagai informasi dan perkembangan yang ada di dunia.

Bagaimana sejarah dari internet ?

Internet terbentuk pertama kali di Amerika. Dimana pada awalnya bernama ARPANET. Arpanet merupakan nama Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1969. Arpanet pada saat itu mempunyai pemikiran bagaimana cara untuk membentuk komunikasi jarak jauh dengan cepat dan tanpa batasan jarak melalui saluran telepon menggunakan hardware dan software komputer berbasis Sistem Operasi UNIX. Pada proses perancangan proyek tersebut, terbentuklah jaringan yang handal dan bisa memindahkan data atau informasi. Kemudian terbentuk lagi protokol baru yang disebut TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ).
Awalnya arpanet ini digunakan untuk kebutuhan militer saja, dimana dilakukannya hubungan antara komputer - komputer di daerah tertentu. Yaitu hanya menghubungkan 4 situs saja di antaranya Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, and University of Utah. Lalu pada Oktober 1972, ARPANET disebarluaskan dan tidak butuh waktu lama untuk berkembang secara pesat. Karena terjadi kesulitan dalam mengaturnya, ARPANET kemudia dibagi menjadi 2, yaitu MILNET. MILNET ini dikhususkan untuk kebutuhan dunia militer. Seiring waktu kedua jaringan tersebut dikenal sebagai DARPA Internet, yang sekarang disederhanakan menjadi INTERNET. Istilah INTERNET ini pertama digunakan pada tahun 1982 dengan berbagai perkembangannya.


Kesimpulan

Pada perkembangan zaman seperti sekarang ini kita harus pandai memanfaatkan teknologi yang ada. Seperti halnya pada internet ini. Internet sangat berlimpah kegunaannya. Kita harus menggunakannya secara positif. Jangan sampai terjadi kiamat internet seperti yang pernah digembor - gemborkan. Contohnya pada mahasiswa, internet ini akan sangat membantu untuk menambah wawasan, membantu dalam proses pencarian informasi dsb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar