Minggu, 27 Oktober 2013

PSIKOLOGI MANAJEMEN


A.                     Definisi Psikologi Manajemen
Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengatur. Dalam hal mengtur, akan timbul masalah ,problem,proses dan pertanyaan tentang apa yang diatur, siapa yang mengatur,mengapa harus diatur, dan apa tujuan pengaturan tersebut.
Manajemen adalah proses yang sistematis,terkordinasi dan koperatif dalam usaha-usaha memannfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
B.          Jenis-jenis Manajemen
1.      Manajemen Personalia (manajemen SDM)
Dalam manajemen ini pembahasan lebih dititikberatkan pada unsure manusia  bekerja.
2.      Manajemen Permodalan
Dalam hal ini fokus pembahasan lebih dalam hal uang, yakni bagaimana menarik dan mengelola dana agar rental yang dihasilkan wajar atau lebih besar dari tingkat bunga bank.
3.      Manajemen Biaya
Pokok pembahasan dalam bidang ini menyangkut masalah bagaimana caranya,agar harga pokok barang yang dihasilkan relative rendah dengan kualitas yang baik.
4.      Manajemen produksi
Permasalahan yang dibahas dalam manjemen ini adalah bagaimana cara memproduksi barang agar kualitasnya relatif baik.
5.      Manajemen Pemasaran
Pembahasan lebih dititikberatkan pada cara merebut pasar supaya produksi yg dihasilkan dapat terjual dan konsumen merasa tertarik pada barang yang dihasilkan.
6.      Manajemen Perkantoran
Pembahasan dititikberatkan pada cara mengatur/mengelola kantor termasuk administrasi dan lain-lain.
7.      Manajemen Resiko
Pembahasan dititikberatkan pada cara untuk memperkecil risiko dan kalau mungkin menghindarkan resiko yang dihadapi.

C. Tujuan Manajemen
Beberapa tujuan yang dapat dikaji dari beberapa sudut pandang sebagai berikut:
1.        Menurut tipe-tipenya, tujuan terbagi atas:
a.         Profit Objectives, untuk mendapatkan laba bagi pemiliknya.
b.    Service Objectives, untuk memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen dengan mempertinggi nilai barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen.
c.  Social Objectives, meningkatkan nilai guna yang diciptakan perusahaan untuk kesejahteraan masyarakat.
d.  Personal Objectives, agar para karyawan mendapatkan kepuasan di bidang pekerjaannya dalam perusahaan.
2.         Menurut Prioritasnya:
a.       Tujuan Primer,
b.      Tujuan Sekunder,
c.      Tujuan Individual, dan
d.      Tujuan Sosial.
3.         Menurut Jangka Waktunya:
a.     Tujuan jangka panjang,
b.     Tujuan menengah, dan
c.     Tujuan jangka pendek.
4.     Menurut Sifatnya:
  1. Management Objectives, tujuan dari segi efektif yang harus ditimbulkan oleh manajer.
  2. Managerial Objectives, tujuan yang harus dicapai daya upaya atau kreatifitas yang bersifat manajerial.
  3.  Administrative Objectives, tujuan yang pencapaiannya memerlukan administrasi.
  4. Economic Objectives, tujuan yang bermaskud memenuhi kebutuhan dan memerlukan efisiensi untuk menvapainya.
  5. Sosial Objectives, tujuan suatu tanggung jawab, terutama tanggung jawab moral.
  6. Technical Objectives, tujuan berupa detail teknis.
  7. Work Objectives, tujuan-tujuan yang merupakan kondisi kerampungan suatu         pekerjaan.
Sumber :
S.P. Hasibuan, H. Malayu. (2006). Manajemen (Dasar, Pengertian dan Masalah). Jakarta: Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar