A.
Definisi
Psikologi Manajemen
Manajemen
berasal dari kata to manage yang berarti mengatur. Dalam hal mengtur, akan
timbul masalah ,problem,proses dan pertanyaan tentang apa yang diatur, siapa
yang mengatur,mengapa harus diatur, dan apa tujuan pengaturan tersebut.
Manajemen
adalah proses yang sistematis,terkordinasi dan koperatif dalam usaha-usaha
memannfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
B. Jenis-jenis Manajemen
1.
Manajemen Personalia (manajemen SDM)
Dalam
manajemen ini pembahasan lebih dititikberatkan pada unsure manusia bekerja.
2.
Manajemen Permodalan
Dalam hal ini fokus pembahasan lebih dalam hal uang,
yakni bagaimana menarik dan mengelola dana agar rental yang dihasilkan wajar
atau lebih besar dari tingkat bunga bank.
3.
Manajemen Biaya
Pokok pembahasan dalam bidang ini menyangkut masalah
bagaimana caranya,agar harga pokok barang yang dihasilkan relative rendah
dengan kualitas yang baik.
4.
Manajemen produksi
Permasalahan yang dibahas dalam manjemen ini adalah
bagaimana cara memproduksi barang agar kualitasnya relatif baik.
5.
Manajemen Pemasaran
Pembahasan lebih dititikberatkan pada cara merebut
pasar supaya produksi yg dihasilkan dapat terjual dan konsumen merasa tertarik
pada barang yang dihasilkan.
6.
Manajemen Perkantoran
Pembahasan dititikberatkan pada cara
mengatur/mengelola kantor termasuk administrasi dan lain-lain.
7.
Manajemen Resiko
Pembahasan dititikberatkan pada cara untuk memperkecil
risiko dan kalau mungkin menghindarkan resiko yang dihadapi.
C. Tujuan
Manajemen
Beberapa tujuan yang dapat dikaji dari beberapa sudut pandang sebagai
berikut:
1.
Menurut
tipe-tipenya, tujuan terbagi atas:
a.
Profit Objectives, untuk mendapatkan laba bagi
pemiliknya.
b. Service Objectives, untuk memberikan pelayanan yang
baik bagi konsumen dengan mempertinggi nilai barang dan jasa yang ditawarkan
kepada konsumen.
c. Social Objectives, meningkatkan nilai guna yang
diciptakan perusahaan untuk kesejahteraan masyarakat.
d. Personal Objectives, agar para karyawan mendapatkan
kepuasan di bidang pekerjaannya dalam perusahaan.
2.
Menurut Prioritasnya:
a.
Tujuan Primer,
b.
Tujuan Sekunder,
c. Tujuan
Individual, dan
d. Tujuan Sosial.
3.
Menurut Jangka Waktunya:
a. Tujuan
jangka panjang,
b.
Tujuan menengah, dan
c. Tujuan
jangka pendek.
4. Menurut Sifatnya:
- Management Objectives, tujuan dari segi efektif yang harus ditimbulkan oleh manajer.
- Managerial Objectives, tujuan yang harus dicapai daya upaya atau kreatifitas yang bersifat manajerial.
- Administrative Objectives, tujuan yang pencapaiannya memerlukan administrasi.
- Economic Objectives, tujuan yang bermaskud memenuhi kebutuhan dan memerlukan efisiensi untuk menvapainya.
- Sosial Objectives, tujuan suatu tanggung jawab, terutama tanggung jawab moral.
- Technical Objectives, tujuan berupa detail teknis.
- Work Objectives, tujuan-tujuan yang merupakan kondisi kerampungan suatu pekerjaan.
Sumber :
S.P. Hasibuan, H. Malayu. (2006). Manajemen (Dasar,
Pengertian dan Masalah). Jakarta: Bumi Aksara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar